MENGENAL KONSEP GAYA RUMAH MEDITERANIA

Bagi para penyuka desain interior, jenis desain rumah mediterania merupakan jenis rumah yang saat ini digemari banyak pihak. Pasalnya, desain rumah mediterania memberikan sebuah kesan hangat dan mewah. Meskipun, rumah minimalis masih menjadi pilihan terpopuler, namun di tahun 2019, diprediksi bahwa rumah bergaya mediterania dapat menjadi opsi kedua dalam pemilihan desain rumah.

Apabila Sahabat Malika merupakan penggemar rumah bergaya mediterania, maka tidak ada salahnya untuk membaca mengenai sejarah dari rumah mediterania yang saat ini digemari pula oleh sebagian masyarakat Indonesia. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Rumah Bergaya Mediterania
(sumber : homedecorlivings)

Sejarah Rumah Bergaya Mediterania

Konsep rumah mediterania pertama kali dipopulerkan di Spanyol dan Negara-negara eropa pada abad ke 16. Dan kemudian gaya ini di bawa ke Amerika terutama Florida. Desain rumah mediterania pertama kali digunakan untuk menciptakan rumah yang disesuaikan dengan keadaan atau kondisi geografis. Pada awalnya gaya rumah ini berhasal dari Yunani, di mana Yunani memiliki iklim yang berbeda dengan beberapa wilayah. Di mana lokasi yang berdekatan dengan laut membuat suhu udara cenderung lebih panas di siang hari dan dingin di malam hari.

Hal ini kemudian yang menginsiprasi pembuatan gaya rumah mediterania. Denah rumah Mediterania menampilkan kehangatan dan karakter laut seperti nama gaya mediterania itu sendiri, yang identik dengan laut. Hal ini tercermin melalui penggunaan palet warna yang hangat dan dingin sehingga menampilkan perpaduan budaya, pilihan desain dan rumah tersebut begitu menyenangkan untuk dipandang secara visual.

Misalkan seringkali ditemukan warna biru laut dikombinasikan dengan warna putih, cokelat dan azure. Untuk bentuk rumah mediterania sendiri, suhu udara yang panas mempengaruhi pembangunan tembok yang tebal dan menonjol. Selain itu, biasanya rumah tersebut memiliki jendela kecil untuk memastikan bahwa ventilasi udara tetap bisa masuk kedalam rumah. Pilihan rumah dengan warna berbeda dan kesan mewah dan megah dapat dikemas sedemikian rupa, sehingga menciptakan kesan artistic dan eklektik. Warna pucat namun terlihat megah dan hidup terinsipirasi oleh kondisi alam dan geografis di Eropa dan sekitarnya.

Rumah mediteranian
(sumber : homedecorlivings)

Ciri Khas yang Menarik dari Rumah Mediteranian

Biasanya ciri dari rumah mediteranian lebih mudah dikenali. Bahkan tanpa melihat interior dalam, kita bisa melihat eksterior dari rumah mediteranian. Di mana pada bagian eksterior atau bagian luar rumah, cenderung memiliki bentuk yang rumit dan mengabungkan banyak konsep. Misalnya pembuatan pagar, ornament batu dan halaman yang berbeda. Selain itu, kita juga akan menemukan banyak vegentasi seperti hutan buatan, tanaman dan lain sebagainya. selain itu, salah satu hal menarik yang lain adalah adanya Balkon yang ada di rumah mediteranian.  

Rumah dengan desain Mediterania biasanya menggunakan palet warna earth-tone. Misalnya apabila rumah berada di wilayah daratan tengah kota, maka cenderung menggunakan warna cokelat, olive, sedangkan rumah di tepi laut biasanya memberikan goresan warna biru, putih dan warna pasir. Oleh karena itu biasanya rumah dengan desain Lalu pada ubin rumah, digunakan bebatuan yang disusun dan marmer disekeliling dinding.  

Tata ruang interior biasanya dicerminkan oleh denah lantai terbuka, persegi panjang, tampilan jendela banyak dan besar, langit-langit yang tinggi, permukaan dinding bertekstur, dan lengkungan interior. Kadang-kadang, ada ruang tamu dan ruang makan formal yang terletak di pintu masuk depan dan ruang keluarga serta ruang makan yang lebih kasual ditampilkan di bagian belakang rumah. Tampilan jendela yang melimpah, lengkungan interior, dan tata letak terbuka yang rambling bersama dengan beberapa titik masuk / keluar ke ruang tamu luar ruangan menciptakan interior yang cerah dan cerah dengan akses mudah ke ruang luar. Selain itu, banyak ornamen yang unik khas rumah mediterania itu sendiri.

Elemen Dalam Rumah Mediterania

  1. Atap genteng berbentuk rendah dan seringkali, berwarna merah
  2. Dinding eksterior yang halus
  3. Lengkungan interior dan eksterior atau permukaan bertekstur
  4. Halaman, teras dan beranda tertutup
  5. Atap gaya barel
  6. Pilihan warna eklektik hangat dan sejuk untuk mencerminkan wilayah
  7. Adanya ornament dari hias
  8. Balkon

Keseimbangan, baik dalam gaya atau semangat, kecintaan pada kehidupan dan unsur-unsur arsitektur yang estetis merupakan ciri khas Mediterania. Rumah-rumah ini mewakili keluarga yang menyukai kecemerlangan warna, patina yang kontras, mewah dan sinar matahari yang secara langsung terbias. Papan semen, genteng tanah liat, pintu masuk yang melengkung dan melonjak, baik pada eksterior maupun interior, menambah pesona dan karakter ke rumah sementara denah lantai yang ditata dengan baik memungkinkan waktu yang bermakna dihabiskan bersama dengan keluarga dan teman.

Yuks Shopping

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *