Tips Memilih Hiasan Dinding Untuk Rumah Minimalis

Setiap orang memiliki referensi tertentu mengenai desain rumah yang digemari. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, cukup banyak masyarakat yang membuat desain rumah impian dengan konsep minimalis. Bagi kalian yang menyukai konsep minimalis, seringkali memiliki personality yang simple, perfeksionis, efisien dan praktis. Minimalis mencerminkan pribadi yang pada dasarnya menyukai keteraturan dan kerapian, namun tetap menjujung seni dan estetika.

                                  

Untuk itu, seringkali dalam merancang desain rumah, bahan dan material yang digunakan memang memiliki kualitas yang tinggi. Apabila Sahabat Malika merupakan tipe minimalis, maka tentunya, akan menjadi ‘cukup’ pemilih dalam memilih ornamen dan hiasan untuk mempercantik rumah. Ingat, meskipun sederhana, namun hiasan dinding sangat berpengaruh dalam mempercantik ruangan lho. Tertarik untuk mengetahui desain hiasan dinding apa saja yang mampu memperindah ruang rumahmu? Kali ini Malika akan membagikan informasi mengenai hiasan dinding yang pas untuk desain rumah impianmu.

1. Rak Dinding Kayu

Rak dinding kayu mampu membentuk image‘warm’ditengah-tengah ruangan berbentuk minimalis. Selain itu, beberapa barang bisa diletakan di rak kayu sehingga ruangan lebih terkesan rapi dan tertata. Namun, perhatikan juga bagaimana letak rak dinding tersebut dan pastikan bahwa ukuran rak dinding tidak begitu besar. Hal ini digunakan untuk menyiasati ruangan yang tidak begitu besar. Karena apabila rak terlalu besar, maka konsep minimalis tersebut akan memudar, dan rumah menjadi nampak sempit daripada sebelumnya. Apabila ukuran rumah tidak terlalu besar, maka bisa disiasati dengan menggunakan floating cabinet yang berukuran lebih kecil dan minimalis. Sedangkan bilamana rumah memiliki space yang cukup memadai, maka bisa digunakan hanging cabinet yang berukuran lebih besar. Gambar di bawah merupakan contoh floating cabinet yang berukuran sedang. Bentuk rak yang tidak terlalu besar mampu menciptakan efek minimalis dan menyajikan suasana hangat karena pemilihan jenis kayu yang berwarna cokelat tersebut. Maka rak dinding mampu menjadi pilihan bagi kalian untuk memilih ornamen dinding yang menarik.

2. Jam Dinding Minimalis

Selain rak kayu, jam dinding dapat menjadi ornament dinding yang stylist.  Hal ini karena biasanya, apabila ada tamu yang mengunjungi rumah kita, biasanya atensi mereka akan tertuju di jam yang menghiasi rumah kita. Sehingga, pemasangan jam yang menarik dan estetik merupakan sebuah komponen penting. Akan tetapi, jam dinding yang minimalis masih jarang ditemui. Namun, paling tidak pilihlah jam dengan bahan material yang bagus dan warna yang netral. Beberapa warna yang pas misalnya hitam, abu-abu dan putih. Selain itu, pemilihan bahan juga menjadi pertimbangan yang penting. Jam dinding yang berbahan kayu akan memberikan efek minimalis yang simple dan vintage. Namun apabila bosan dengan ornament kayu, maka jam dinding desain minimalis yang terbuat dari baja dicat akan memberikan efek stylist dan kontemporer. Saat ini, jam dinding yang sedang trendy biasanya hanya berisi jarum jam tanpa tulisan angka, namun nilai estetika tersebut yang memberi keunikan sendiri. Apabila Sahabat Malika kesulitan untuk menemukan jam dinding minimalis, jangan khawatir karena Malika akan segera memproduksi jam dinding minimalis, simple namun memiliki nilai seni yang tinggi.

3. Lukisan Yang Sesuai

Apabila Sahabat Malika merupakan pecinta seni lukis maupun gambar, maka lukisan dapat menjadi sebuah pilihan untuk mendekorasi dinding rumah yang minimalis. Namun ada beberapa hal yang tentunya harus diperhatikan dalam memilih lukisan yang sesuai untuk ruangan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah :

a. Sesuaikan dengan warna dinding rumah

Ketika akan membeli lukisan yang pas untuk dinding rumah anda. Kenali terlebih dahulu warna dinding rumah anda. Karena apabila warna yang dipilih sama, maka lukisan akan menjadi mati dan tidak bisa menonjolkan esensi di dalamnya. Misalkan apabila warna dinding putih, maka cari lukisan dengan warna-warna cokelat, hitam bahkan merah dengan motif yang sederhana. Namun, apabila dinding memiliki motif atau pola yang rumit, memilih lukisan yang simple akan menyeimbangkan komposisi.

b. Sesuaikan ukuran lukisan dengan luas dinding  

Menyesuaikan ukuran lukisan dengan luas dinding merupakan sebuah hal penting, hal ini karena lukisan yang terlalu lebar akan membuat warna dinding menjadi tidak menonjol. Selain itu, dinding terkesan lebih ramai dibandingkan sebelumnya. Hal ini akan mempengaruhi beberapa ornament yang ada di dinding tersebut. Sehingga konsep minimalis akan sulit untuk diciptakan. Apabila, kamu adalah pecinta lukisan dinding, maka bisa memilih lukisan small sebanyak 2-3 lukisan.

4. Hiasan dinding paper printing / solid wood

Selain tiga hal di atas, salah satu hiasan dinding yang sedang menjadi trend adalah solid wood yang ditempelkan pada dinding. Malika saat ini menjual hiasan dinding dengan berbagai bentuk dan model. Selain itu, bagi kalian yang menyukai konsep minimalis. Beberapa hiasan dinding di Malika memiliki banyak pilihan yang minimalis. Misalnya solid wood yang berbahan dasar kayu, warna dari solid wood pun bermacam-macam. Warna putih, cokelat dan cokelat muda menjadi daya tarik bagi para pecinta dekorasi rumah. Menggunakan solid wood juga akan menghemat spot di dinding apabila kamu memiliki rumah yang kecil. Manfaat dari hiasan ini juga bisa dilihat hemat biaya yang dikeluarkan namun seni yang ditampilkan terlihat mewah.

Bila kamu bukan penggemar dari solid wood, maka bisa menggunakan paper printing sebagai ornamen dekorasi selanjutnya. Paper printing tersebut memiliki beberapa gambar maupun bentuk abstrak. Nah, untuk memilih paper printing yang baik, sesuaikan warna dinding dengan gambar. Apabila dinding berwarna hitam elegan, maka gunakan hiasan dinding dengan sedikit banyak warna hitam agar ada kesesuaian warna.

Nah, beberapa hal di atas adalah tips dan trik untuk memilih hiasan dinding yang cocok dirumah minimalis. Bagi Sahabat Malika yang menyukai konsep minimalis, semoga tips kali ini bermanfaat ya. Tapi kalau kamu masih bingung menentukan hiasan dinding mana yang pas? Beli di Malika saja!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *