Apa itu Khat Kufi? Yuk Cari Tahu Lebih Dalam!

Halo sahabat Malika Wallart tahukah kalian apa itu Khat Kufi? Kufi diambil dari nama salah satu kota kekhalifahan Islam selain Madinah, Damaskus dan Baghdad pada masa generasi salaf (tiga abad pertama Islam) yaitu Kufah di Irak.

Khat Kufi atau biasa disebut dengan Kaligrafi Kufi bisa dikatakan kaligrafi tertua di arab dan berkembang saat masyarakat sedang menyukai seni. Bentuk dari kufi yang kaku dan tegak condong ke kanan adalah salah satu ciri khasnya. Huruf-huruf yang disusun bersambung ini tampak seperti semak kaktus di padang pasir, tanpa harakat (baris tanda baca) dan tanpa hiasan apa-apa. Susunan ini disebut sebagai tulisan Ma’il. Meski begitu kufi sangat lentur dan mudah dikembangkan.

 

macam kaligrafi khat kufi

Khat Kufi

Khat Kufi dan Kursif

Secara umum (khat) Arab terbagai menjadi dua yaitu Kufi dan Kursif. Kufi untuk untuk bentuk-bentuk yang tegak dan runcing sudut-sudutnya, sedangkan Kursif untuk kebanyakan huruf yang luwes dan bundar sudut-sudutnya.

Jenis Khat Kufi

1. Kufi Mushaf adalah kufi sederhana (kufi basith) yang digunakan untuk menulis mushaf Al Qur’an.

2. Kufi Fatimi adalah Kufi yang sudah mengambil hiasan hiasan dan ornamen. Meliputi motif dedaunan (kufi muwarraq), motif bunga bunga (kufi muzahhar atau mukhommal), motif berjalin atau berpilin (kufi madfur, atau mu’aqqad atau mutarabith)

3. Kufi Murabba’ adalah kufi yang terdiri dari susunan kotak-kotak yaitu segi empat dan garis lurus.

Perbedaan Penulisan Kufi Timur dan Barat

Di sisi barat dan timur pusat peradaban Islam di Baghdad, tulisan Kufi dikembangkan dengan caranya masing-masing. Sehingga, muncul istilah Kufi Barat (Maghrib, Spanyol-Andalusia) dan Kufi Timur (di wilayah Persia).

1. Kufi Timur

Menurut beberapa ahli, Kufi Timur lebih mempesona, bahkan dari kufi baku (standart). Ciri utamanya adalah sapuan ke atas (sisi vertikalnya) yang panjang, dengan ujung runcing ke kiri, sedangkan sapuan pendeknya (bukan horisontal) bengkok ke kiri. Kembangannya yang lebih rendah melebar ke bidang sublinier (terkesan menjulur). Cara semacam ini dianggap memberikan gerak laju yang dinamis, dan oleh para sarjana Eropa disebut sebagai Bent Kufic (Kufi Miring atau Kufi Bengkok). Salah satu bentuk terindah dari tulisan ini adalah yang juga disebut gaya Qarmatia, yang memadukan huruf-huruf Kufi Timur dengan ornamen tumbuhan dan arabeska, seperti terdapat pada al-Quran (surah at-Tariq) peninggalan Persia abad ke-11.

2. Kufi Barat

Sedangkan di wilayah barat kekuasaan Baghdad (Maghrib) penulisan khat Arab dilestarikan sebagaimana dalam bentuk penulisan awalnya, bersifat klasik dan tradisional. Penulisan semacam ini, dibandingkan dengan perkembangannya yang lebih pesat di wilayah pusat peradaban maupun sisi timurnya, menemukan bentuk khasnya tersendiri. Dalam perkembangannya tulisan ini menjadi perpaduan antara tulisan kufi dan kursif, yang lebih dikenal sebagai Khat Maghribi.

Malika Wallart Mempunyai Produk Khat Kufi 

Solid Wood Allah Muhammad

Kaligrafi Kufi Solid Wood Allah Muhammad

 

Solid Wood Allahu Akbar

Khat Kufi Solid Wood Allahu Akbar

 

Solid Wood Finishing Brown

Khat Kufi Solid Wood Finishing Brown

Nah, berikut diatas adalah produk Malika Wallart yang menggunakan desain khat kufi. Untuk lebih tahu mengenai khat kufi lebih dalam baca juga artikel Khat Kufi lainnya ya. Yuk, miliki hiasan dinding dengan desain khat kufi yang memikat  dengan membeli hiasan dinding dari Malika Wallart!

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *