Lakukan 5 Tips Merawat Furnitur dari Kayu Ini Agar Furnitur Tetap Awet!

Mebel kayu berkualitas dapat bertahan seumur hidup dan sering kali dijadikan sebagai pusaka berharga, yang diberikan turun menurun ke setiap generasi. Namun, apakah Sahabat Malika tahu bahwa kayu dengan kualitas terbaik pun sering rentan terhadap goresan dan lecet apabila tidak dirawat dengan baik. Nah, Sahabat Malika bagi kamu yang gemar dalam mengoleksi furnitur. Maka, kali ini Tim Malika akan memberikan tips untuk merawat furnitur berbahan dasar kayu.

Saat membeli furnitur, pastikan pula kamu mengetahui mengenai perawatan dasar dalam merawat furnitur tersebut. Karena bagaimanapun, perawatan yang benar akan mempengaruhi kualitas dari kayu tersebut. Yuk, simak 5 tips untuk merawat furnitur dari kayu ini Sahabat Malika:

1. Bersihkan Debu Pada Furnitur Secara Berkala

Pernahkah kamu melihat sebuah perabotan kayu dengan banyak debu menempel hingga menutupi warna asli dari kayu tersebut? Tips pertama untuk merawat furnitur berbahan dasar kayu adalah membersihkan debu yang menempel secara berkala. Bagaimana caranya? Gunakan kain debu lembab bebas serat untuk menyeka partikel debu yang menggumpal. Selain itu, Sahabat Malika juga dapat menggunakan sikat gigi untuk mendapatkan debu yang berada diujung perabotan yang sulit dijangkau. Pastikan Sahabat Malika juga menggunakan kain yang dibasahi dengan sedikit air hangat, dan jika kamu merasa perlu membersihkan noda tertentu, maka gunakan produk pembersih. Namun, jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih ya Sahabat Malika. Karena terkadang kandungan yang ada didalamnya dapat merusak warna ataupun polesan yang sebelumnya telah dilakukan pada kayu.

2. Tempatkan Furnitur Kayu di Tempat Yang Baik dan Aman

Selain membersihkan debu yang menempel pada kayu, selanjutnya jangan meletakan furnitur kayu apapun di tempat yang kotor maupun berdebu. Usahakan untuk menaruh furnitur kayu pada tempat yang kering atau tidak lembab. Jangan biarkan furnitur terpapar dengan sinar matahari secara langsung, hal ini akan menyebabkan warna kayu menjadi memudar. Beberapa faktor seperti sinar matahari, hawa panas, dan faktor lingkungan lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada kayu halus. Sehingga, selalu ingat untuk tidak meletakkan furnitur berharga di depan jendela, ventilasi, atau perapian yang terbuka, karena cahaya dan panas dapat merusak dan memudar kayunya. Tentu saja, Sahabat Malika tidak ingin perabotan berharga tersebut akan memudar atau lebih parahnya menjadi rusak. Kualitas kayu yang baik sekalipun akan mudah rusak apabila perawatan yang diberikan tidak dilakukan dengan baik.

3. Jauhkan Barang-barang Berbahan Cair dari Furnitur Kayu

Tips ketiga dalam merawat furnitur kayu yang baik adalah memastikan bahwa tidak ada noda dari air yang ada pada furnitur kayu. Bagi Sahabat Malika yang belum tahu, furnitur kayu yang terkena noda air akan sulit untuk dihilangkan dan akan mencetak noda yang cukup lama. Sehingga, jangan biarkan beberapa barang yang cair seperti cat kuku, cat air, air minum berwarna lain berada didekat furnitur kayu. Salah satu noda yang sering muncul adalah ketika kita meletakan gelas dingin diatas furnitur kayu. Sehingga nantinya akan ada bekas noda pada furnitur kayu tersebut. Cara menghilangkanya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda dan kemudian usapkan secara lembut menggunakan jari. Pastikan bahwa kamu rajin untuk membersihkan noda ini, karena apabila dibiarkan secara terus menerus. Maka, noda akan menjadi permanen dan tentu saja akan merusak keindahan dari kayu furnitur tersebut.

4. Jangan biarkan Furnitur tergores dengan benda-benda tajam

Selain beberapa hal di atas, cara untuk menjaga perabotan berbahan dasar kayu adalah dengan menjauhkan kayu dari benda tajam seperti gunting dan pisau yang mampu menggores kayu tersebut. Hal ini karena bagaimanapun, penting untuk menjaga kayu dari goresan yang menimbulkan bekas permanen. Namun, apabila perabotan terlanjur rusak atau muncul goresan. Maka bisa digunakan polesan dari cat kuku untuk meminimalisir kerusakan. Paling tidak, goresan tidak terlalu dalam dan tidak begitu lebar. Hal ini dapat dilakukan dengan memoles permukaan furnitur kayu setiap beberapa minggu sekali, selain dapat melindungi permukaan, warna kayu juga akan tampak semakin baru. Namun, apabila kamu belum pernah melakukan percobaan seperti ini sebelumnya, maka ada baiknya kamu meminta bantuan professional untuk melakukan hal ini. Selain cara di atas, Cara lain untuk mencegah kerusakan adalah gunakan lapisan sebagai alas pada perabotan furnitur. Karena goresan karena lantai yang tidak sesuai atau kasar, juga dapat menjadi sebab utama kerusakan pada furnitur rumah kalian.

5. Menghilangkan Noda Yang Melekat dalam Furnitur Kayu

Terlepas dari upaya yang sudah dilakukan, terkadang hal yang tak terhindarkan terjadi dan furnitur kayu bisa saja ternoda Sahabat Malika. Apapun jenis noda yang dapat mengenai furnitur tersebut, pastikan untuk membersihkannya secepat mungkin. Karena semakin lama noda dibiarkan, maka semakin sulit pula untuk menghilangkannya. Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi beberapa noda di furnitur kayu adalah sebagai berikut:

  1. Untuk bekas lingkaran dari gelas yang basah, oleskan pasta dengan pasta gigi putih dan soda kue dalam jumlah yang sama. Gosokkan ke noda sampai hilang. Lalu, bersihkan perabotan dan dengan kain kering.
  2. Untuk bintik-bintik hitam karena kerusakan dari air, coba bersihkan noda dengan kain yang dibasahi dengan cuka.
  3. Untuk furnitur kayu yang diakibatkan warna krayon, oleskan mayones di atas area tersebut. Biarkan selama beberapa menit sebelum digosok hingga bersih dengan kain lembab dan gosok dengan kain kering.

Nah, 5 hal tersebut adalah tips untuk merawat furnitur kayu agar kayu dapat tetap awet selama bertahun-tahun. Karena meskipun kayu memiliki kualitas yang baik, akan tetapi kayu akan tetap sama tanpa ada perawatan yang baik Sahabat Malika. Beberapa hal diatas juga berlaku untuk semua produk Malika. Apabila kamu ingin merawat produk Malika, maka pastikan untuk menerapkan beberapa tips di atas. Sehingga produk Malika yang kamu memiliki akan tetap awet dan selalu terjaga kualitasnya.

Yuks Shopping

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *