Sudahkah kamu mengucapkan ‘Bismillah’ hari ini?

Hai Sahabat Malika!

Kegiatan yang begitu padat kadang membuat kita lupa untuk mengawali hari dengan mengucapkan bismillah, meskipun sederhana. Tahukah kamu bahwa mengucapkan ‘Bismillahirrahmanirrahim’ memiliki banyak manfaat. Kali ini, Tim Malika ingin membahas mengenai manfaat ketika mengucapkan Basmallah, mari kita simak ulasan berikut :

1.Mendekatkan diri kepada Allah

Memulai tugas apa pun dengan bismillah membuat kita sadar akan Allah, dan memberi kita peringatan bahwa apa pun yang kita lakukan harus sesuai dengan kehendak dan kesenangan Allah. Rasullullah mengatakan kepada kami untuk mengatakan bismillah sebelum wudhu, makan, memakai pakaian, bahkan pergi ke kamar mandi. Setiap kali kita memulai sesuatu dengan mengatakan bismillah, Allah ‘Subhanahu wa Ta’ala’ memberikan berkah khusus di dalamnya.

Selain itu, bismillah mengandung makna yang dalam karena memuat tiga nama Allah.  Mengatakan ‘Bismillahir Rahmaanir Rahiim’ sama dengan mengatakan 3 dari nama Allah. Rahmaan berarti murah hati, yang hanya Allah yang bisa menjaga hal-hal dari kehancuran. Sementara Rahiim berarti penuh belas kasih, yang hanya dengan rahmat Allah seseorang dapat menjadi sukses. Jadi, mari lebih sering mengatakan bismillah ya Sahabat Malika. Sehingga kita selalu diberikan ridha dari Allah.

Kaligrafi Kufi Bismillaah

2. Menjauhkan kita dari godaan Setan

Pernahkah Sahabat Malika merasa bahwa sulit sekali kalian menahan hawa nafsu ketika berpuasa? Atau misalnya mudah tersulut emosi ketika sedang mengerjakan suatu pekerjaan? Mungkin jawaban yang pas adalah karena Sahabat Malika belum mengawali hari dengan mengucapkan bismillah. Karena bismillah mampu menjauhkan kita dari godaan syaitan, Sahabat Malika.

Rasullullah pernah bercerita mengenai manfaat mengucapkan bismillah. Dikutip dari artikel yang dipublikasikan oleh Muslim Inc, Jabir (RA) melaporkan bahwa beliau mengatakan: “Jika seorang pria mengucapkan bismillah saat ia masuk ke rumahnya dan ketika ia mengambil makanan, Setan mengatakan: tidak ada tempat untuk menginap dan tidak ada makanan. Dan jika dia tidak mengingat Allah saat dia masuk ke rumahnya, Setan berkata: Saya menemukan tempat untuk bermalam. Dan jika dia tidak mengingat Allah saat dia mengambil makanan, Setan berkata: Saya telah menemukan tempat untuk bermalam dan makan malam. ” Untuk itu, mari sering mengucapkan bismillah untuk menjauhkan kita dari gangguan maupun godaan setan ya, Sahabat Malika.

Kaligrafi Bismillaah Naskhi

3. Setiap Pekerjaan yang diawali dengan Bismillah akan mendapatkan rahmat ALLAH SWT

Apabila Sahabat Malika belum tahu, ternyata mengucapkan Bismillah sebelum bekerja dapat membuat pekerjaan kita menjadi berkah. Pernahkah Sahabat Malika merasa bahwa sudah mengerjakan sesuatu yang maksimal namun masih belum merasa puas? Bahkan sering merasa down dan tertekan? Nah, mungkin memulai mengerjakan bismillah mampu menjadi pengobat kegelisahan dalam bekerja.

Bahkan menurut Rasullullah sendiri, karya apa pun, apakah itu penting atau tidak, tidak akan sempurna tanpa Bismillah. Menurut sebuah narasi, Rasullullah berkata, “Pekerjaan penting apa pun yang tidak dimulai dengan Bismillah tidak sempurna”. Untuk itu, pastikan kita sebagai umat muslim untuk tidak lupa mengucapkan bismillah sebelum memulai pekerjaan ya Sahabat Malika. Ingat, jangan sampai kerja kerasmu menjadi tidak berkah tanpa mengucapkan bismillah.

Kaligrafi Bismillaah Khat Kufi

4. Mampu meringankan penyakit

Menurut sebuah riwayat, Utsman bin Abil Aas mengeluh Rasulullah tentang sakit jasmani yang dirasakannya. Rasulullah mengatakan kepadanya untuk menempatkan tangannya pada bagian yang sakit, mengatakan Bismillah tiga kali dan mengatakan doa: Aku berlindung kepada Allah dan kekuatan-Nya dari apa yang saya rasakan dan rasa takut. Di sana, rasa sakitnya hilang. Pada cerita ini, intinya adalah mintalah kepada Allah untuk kesembuhan maupun kesehatan lahir dan batin. Dengan memulai doa dengan bismillah, maka diharapkan bahwa kesembuhan tersebut merupakan rahmat yang diberikan oleh Allah dan menjadi berkah bagi kita.

Kaligrafi Bismillaah Tsuluts

Nah, sekarang Sahabat Malika sudah paham kan tentang keutamaan bismillah? Ternyata, bismillah memegang banyak arti dan kepentingan, dan mengatakan Bismillah setiap saat membawa manfaat yang tak terduga bagi kita, Umat Muslim. Kita harus lebih memperhatikan pentingnya Bismillah dalam Islam, jadi kapanpun kita mengatakannya, itu bukan karena kebiasaan tetapi karena kita tahu makna yang berharga dan khusus di balik kata-kata itu. Setuju kan Sahabat Malika?

Selain itu, untuk terus mengigatkan Sahabat Malika untuk tidak lupa selalu mengucapkan bismillah. Malika secara khusus membuat produk dengan lafal basmallah lho. Produk ini kami buat agar Sahabat Malika tidak lupa untuk mengucapkan bismillah dalam berbagai kesempatan.

Hiasan dinding ini dapat ditempelkan disudut rumah maupun kantor agar selalu menjadi pengingat untuk memulai setiap hal dengan bismillah. Untuk itu, kalian bisa mengecek katalog ‘bismillah’ di tombol dibawah ini ya. Yuk, mulai biasakan untuk mengucapkan bismillah kapanpun dan dimanapun Sahabat Malika.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *