Keutamaan Membaca Al Kahfi

Halo Sahabat Malika, hari Jumat telah tiba dan tahukah kamu bahwa Rasululah (ﷺ) menganjurkan salah satu sunnah pada hari ini? Bagi kalian yang beragama islam, tentunya baik apabila mampu mengamalkan sunnah dari Rasulullah (ﷺ). Sunnah tersebut adalah membaca Surat Al Kahfi setiap hari Jumat. Dalam riwayat hadist yang shahih. Surat Al Kahfi di katakan sebagai surat yang baik untuk dibaca di hari Jumat. Surat Al Kahfi sendiri merupakan Surat ke 18 dengan 110 ayat.

Cerita yang terkandung di dalam Surat Al Kahfi

Surah al Kahfi adalah Surah Al-Qur’an yang menceritakan kisah orang-orang beriman di zaman kuno yang ketika menerima pesan Kebenaran menerimanya. Namun, mereka harus menghadapi pembalasan dari masyarakat tempat mereka tinggal dan karenanya melarikan diri dari kota dan menemukan perlindungan di sebuah gua di mana Allah SWT memberi mereka tidur yang berlangsung selama berabad-abad dan sampai saat itu seluruh kota mereka telah berubah menjadi orang beriman. Surat ini memberikan pesan bahwa mereka yang percaya kepada Allah dan meminta perlindungan dari-Nya, Dia memberi mereka perlindungan terbaik yang tidak pernah dilihat oleh dunia.

Manfaat dalam membaca Surat Al Kahfi

Sedangkan ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika membaca Surat Al-Kahfi lho Malika. Bagi Sahabat Malika yang belum mengetahui, silahkan disimak ulasan dari Malika di bawah ini:

“Siapa pun yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan memiliki cahaya yang akan menyinari dia dari satu Jumat ke yang berikutnya.” (HR. Al-Haakim, 2/399; al-Bayhaqi, 3/249 Ibn Hajar berkata dalam Takhreej al-Adhkar tentang membaca Surah al-Kahfi).

Diriwayatkan bahwa Ibnu Umar pernah berkata apabila: “Utusan Allah (ﷺ) mengatakan: Siapa pun yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, sebuah cahaya akan menyinari dia dari bawah kakinya ke awan-awan di langit, yang akan menyinari dia pada Hari Kebangkitan, dan dia akan diampuni (dosa-dosanya) di antara dua hari Jumat.”

Diriwayatkan bahwa Ibn ‘Abbas berkata: “Nabi Muhammad (ﷺ) mengatakan: “Siapa pun yang membaca surat di mana keluarga ‘Imraan (Aal’ Imraan) disebutkan pada hari Jumat, Allah dan malaikat akan mengirimkan berkat kepadanya sampai matahari terbenam.”

Telah dinyatakan berkali-kali oleh para pemimpin agama dan pengikut Nabi Muhammad (ﷺ) bahwa membaca Surat Al Kahfi akan membawa Anda banyak manfaat di akhirat.

Nah Sahabat Malika, itulah keutamaan kita membaca Surat Al Kahfi, sebisa mungkin biasakan untuk membaca Surat ini dimanapun ya. Bahkan tidak hanya hari Jumat, hari lain pun bisa. Selain itu, pastikan untuk membaca surat ini dengan sepenuh hati agar doa yang kita panjatkan agar menjadi berkah untuk kita sendiri.

Apabila ada kesalahan penulisan maupun informasi, jangan segan untuk menuliskan komentar di kolom bawah ini ya Sahabat Malika. Di samping itu, jangan lupa untuk memberikan pengetahuan ini kepada seluruh kerabat maupun teman-temanmu ya, Sahabat Malika. Ingat, sebarkan kebaikan mesti hanya sebiji sawi.

Yuks Shopping

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *